Profil

Rapid Agrarian Conflict Appraisal (RACA) Institute merupakan lembaga yang didirikan khusus untuk menjaga dan memperjuangkan kelestarian tanah, air, dan sumber daya alam lainnya (TASDAL) dan memfasilitasi petani, masyarakat adat, nelayan dan masyarakat miskin kota dalam memperjuangkan pemenuhan hak-hak ekonomi, sosial dan budaya sejajar dengan pemenuhan hak-hak sipil dan politik. Dalam meperjuangkan hak-hak tersebut RACA Institute memegang teguh nilai keadilan, pelestarian lingkungan dan prinsip anti diskriminasi (baik atas dasar jenis kelamin, suku, ras, agama maupun keyakinan politik).

RACA Institute dalam memberikan warna gerakan petani selama ini telah melakukan fasilitasi organisasi tani di 9 wilayah, yaitu BPPSU Sumatra Utara, P2TANTRA Sumatra Barat, KSKP Sumatera Selatan, IPL Lampung, PATAS Jawa Barat, ORTAJA  Jawa Tengah, SETAM Jogjakarta, PAPANJATI Jawa Timur, NTB dan ATN Sulawesi Selatan. Kekuatan asli petani yang sudah terorganisir karena tidak tersubordinasi dengan partai politik dikonsolidasikan menjadi sebuah kekuatan ditingkat nasional melalui PETANI Mandiri.

Visi dan Misi

  1. Melakukan pembelaan, pendamping dan pendidikan bagi kaum tani, nelayan, masyarakat ada, masyarakat miskin kota, baik laki-laki maupun perempuan.
  2. Mengembangkan kesadaran kritis (critical learning process) mengenai prinsip-prinsip demokras, nilai-nilai hak asasi manusia (HAM) dan kelestarian lingkungan dengan mengkosentrasikan pada pemenuhan hak ekonomi, sosial dan budaya.
  3. Mendorong terjadinya pembaruan hukum dan kebijakan (law and policy) di bidang pengelolaan tanah, air dan sumber daya alam lainnya (TASDAL) sehingga lebih memberikan rasa keadilan bagi masyarakat.
  4. Mendorong terbentuknya oraganisasi rakyat mandiri yang tangguh dalam upaya memperjuangkan hak-hak ekonom, sosial dan budaya.
  5. Melakukan dan memfasilitasi pengumpulan, penyimpanan data dan penyebarluasan informasi yang di butuhkan kaum tani, masyarakat adat, nelayan dan masyarakat miskin kota.
  6. Memfasilitasi resolusi konflik yang berbasis pada TASDAL (tana, air dan sumber daya alam lainnya).

Program Kerja

  1. Advokasi
  2. Penelitian
  3. Pengembangan Energi Mandiri
  4. Pengorganisasian
  5. Basis Pertanian Berkelanjutan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: